RESEP MIE ONGKLOK MAKANAN KHAS WONOSOBO

Resep Mie Ongklok Makanan Khas Wonosobo - Mie ongklok merupakan makanan khas asli dari Wonosobo. Kuliner mie yang disajikan dengan racikan kuah kental berkanji yang disebut luh ini membuat rasanya unik dan lezat sehingga begitu memanjakan lidah para pengunjunganya.
Sedangkan ongklok adalah cara pengolahan mie yang direbus dengan cara di goyang - goyang atau di ongklok - ongklok dalam bahawa Wonosobo dengan menggunakan semacam keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu.


Resep Mie Ongklok Makanan Khas Wonosobo


Lalu apa sih rahasia kenikmatan dari Mie Ongklok ini? Komposisi Mie Ongklok terdiri dari mie, kol, kucai yang dicampur dengan bumbu kacang lalu diberi kuah kental. Kuah kentalnya sendiri terbuat dari bahan dasar gula jawa, ebi, pati, serta rempah - rempah yang diolah.

Penasaran dengan rasa mie ongklok ini, anda bisa datang langsung ke Wonosobo untuk icip - icip mie dengan rasa unik ini. Namun buat anda yang tidak sempat untuk datang ke Wonosobo bisa membuat mie ongklok ini sendiri dirumah.

Resep Mie Ongklok makanan khas Wonosobo:
Bahan:
- 300 gram mie basah / mie telur
- 3 sdm minyak goreng untuk menumis
- 4 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1/2 sdm merica bubuk
- 1 sdm garam
- 100 gr daging sapi rebus potong dadu
- 4 lembar daun kol, iris kecil - kecil
- 1/2 ikat daun kucai, iris 2 cm
- 750 ml kaldu daging
- 3 sdm kecap manis
- 1 sdm tepung kanji / pati, larutkan dengan sedikit air
- Gula jawa
- Ebi

Cara membuat mie ongklok:
- Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, dan garam.
- Panaskan minyak, tumis bumbu sampai harum. Masukkan potongan daging rebus. Tambahkan kol, daun kucai, dan kaldu daging. Masak sampai mendidih.
- Buat kuah kentalnya dengan menghaluskan ebi, gula jawa, kacang tanah dan rempah - rempah. Masak di atas kompor kemudian kentalkan dengan pati / tepung kanji.
- Rebus mie kemudian tiriskan..
- Campur mie rebus, kol dan kucai. kemudian campur dengan kuah kental dan kecap manis. Siap dihidangkan.

Untuk mendapatkan hidangan yang lebih sempurna, Mie Ongklok pun dapat dinikmati dengan lauk pendamping seperti sate sapi, tempe kemul dan aci goreng. Selamat mencoba.